Madame Schotel – Surabaya

INFO & PROMO

kuliner online

7 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Online

Keluar dari zona nyaman sebagai pekerja kantoran bukanlah hal yang mudah. Setidaknya hal itu lah yang pernah saya alami dulu sebelum memulai bisnis kuliner online. Banyak ketakutan di benak saya untuk memulai usaha diantaranya; keterbatasan modal, takut gagal, bingungĀ  produk apa yang dijual, dan masih banyak hal lain yang membuat saya ragu melangkah untuk memulai bisnis. Well, tapi the power of kepepet sepertinya mengalahkan rasa takut saya šŸ™‚ Saya akan coba sharing beberapa hal bagaimana memulai bisnis kuliner online berdasarkan pengalaman yang saya alami dulu yah!

 

  1. Jangan Terpaku Pada Modal Uang Saja

Banyak orang terkendala memulai bisnis karena keterbatasan dana / uang. Iya,Ā  uang memang diperlukan sebagai modal awal tapi tidak perlu memakai uang terlalu besar untuk memulaiĀ  sebuah usaha. Bagi saya, modal terbesar adalah NIAT dari diri sendiri. Dengan niat dan tekad yang kuat, otak anda akan dibuat bekerja lebih kreatif menghasilkan ide-ide cemerlang akan peluang usaha di sekitar anda. Tulis ide-ide apa saja yang terlintas dibenak anda di sebuah agenda. Buat list sebanyak mungkin dan persempit menjadi beberapa bidang yang sekiranya bisa terlaksana & anda mudah mengerjakannya. Jangan paksakan diri anda untuk memulai usaha di bidang yang anda tidak begitu menguasai, hanya karena banyak teman anda melakukan bisnis tersebut. Prinsip saya sih ” Choose a job you love, and you’ll never have to work a day in your life”! Sungguh sangat menyenangkan ketika anda dibayar karena pekerjaan yang anda sukai bukan?Ā  Saya pun memulai usaha bisnis pasta online ini hanya dengan 300 ribu rupiah saja sebagai modal awal kok šŸ™‚

kuliner online

 

2. Pilih Menu Makanan Yang Anda Kuasai & Mudah Mendapatkannya

Punya bakat memasak merupakan salah satu nilai plus jika anda memilikinya. Pastikan pilih menu makanan yang bisa diterima oleh target market anda dan masih ada peluang nilai jual tinggi jika anda menjualnya ( kompetitor masih tidak terlalu banyak ). Tapi, jika anda tidak memiliki bakat memasak pun jangan berkecil hati. Anda bisa bekerjasama dengan seorang partner yang memiliki keahlian memasak dan ajak dia untuk berkolaborasi memulai bisnis kuliner online. Anda bisa mensupportnya dalam hal marketing / pemasaran onlinenya. Pemilihan bahan baku yang mudah didapat juga menjadi hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin memulai bisnis kuliner online. Jangan sampai hanya karenaĀ  ingin menjadi pioneer dalam satu menu makanan yang belum “hits”, anda terlalu memaksakan mencari bahan baku yang sangat jarangĀ  dijual di toko bahan kue /Ā  pasar. Hal ini akan menyulitkan anda sendiri nantinya jika ada customer yang order dalam jumlah besar.

kuliner online

 

3. Tentukan Merk & Logo Produk Anda

Jangan pernah mengabaikan nama merk / brand untuk produk dagangan anda. Hal pertama yang akan selalu diingat oleh customer ketika membeli produkĀ  adalah merk/ brand anda. Pastikan membuat merk dengan tema yang sesuai dengan produk anda sehingga customer sudah bisa membayangkan produk yang dijual dengan mengingat brand tersebut. Namun sebelum membuat merk tersebut menjadi milik anda, ada baiknya survey dulu apakah merk tersebut sudah ada yang memakainya. Jangan sampai anda memakai merk yang sudah di pakai orang lain, dan produk yang dijual pun sama pula! Survey market sangat disarankan sebelum akhirnya anda mempublish merk anda ke customer. Anda bisa check merk yang anda ingin gunakan di Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual . Jika nama merk yang akan anda gunakanĀ  belum terdaftar, anda bisa menggunakan nama tersebut dan pastikan segera patentkan merk tersebut sebelum digunakan orang lain yah! Saya pun sudah mematenkan merk Madame Schotel dengan nomer registrasi IDM000421393. Proses patent merk memakan waktu yang cukup lama. Mulai dari survey merkĀ  sampai keluar surat hak patent merknya kurang lebih 2-3 tahun berdasarkan pengalaman saya.

Setelah menentukan merk, anda pun juga sebaiknya mempersiapkan logo untuk usaha anda. Jika anda tidak memiliki keahlian di bidang desain, sebaiknya serahkan ke ahlinya. Banyak jasa desain yang menawarkan pembuatan logo untuk start up dengan biaya terjangkau kok! Jika anda memiliki saudara/ teman yang pandai mendesain, well mengapa tidak minta tolong saja! Pastikan anda menjelaskan secara detail produk yang anda jual, sehingga desainer tersebut bisa membuat logo yang pas untuk brand anda.

madame schotel

4. Foto Produk Anda Semenarik Mungkin

Dalam menjalankan bisnis kuliner online, visualisasi produk sangatlah penting. Pastikan foto yang anda unggah di social media menarik dan bisa menggugah selera customer untuk membeli produk anda. Belajarlah teknik fotografi untuk memotret makanan. Ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan di google ataupun youtube. Jangan malas untuk belajar yah! Kalau anda belum memiliki camera digital yang canggih, anda bisa memakai handphone yang anda miliki kok! Pastikan pencahayaan saat memotret makanan baik. Foto yang gelap sangat tidak menarik untuk dilihat. Anda juga sebaiknya belajar cara mengedit foto yang baik. Terkadang, hasil jepretan perlu di poles sedikit agar menarik untuk dilihat. Again, ada banyak ulasan di goole tentang cara mengedit foto makanan yang baik. So, intinya semua informasi tersedia gratis di google dan bisa dijalankan asal anda TIDAK MALAS UNTUK BELAJAR šŸ™‚

 

5. Manfaatkan Secara Maksimal Social Media Yang Ada Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā Ā 

Anda bisa memulai pemasaran online di Facebook. Saran saya sih, anda menggunakan Facebok Fans Page sebagai sarana jualan anda. Tulis deskripsi singkat tentang produk yang anda jual dan mulailah “menata” toko anda. Masukkan beberapa foto yang sudah disiapkan dan susun dengan rapi agar customer tidak bingung ketika mampir ke toko online anda. Jika anda memiliki budget lebih, sangat disarankan untuk membuat website. Selain akan tampak lebih profesional, penggunaan website yang maksimal bisa menjangkau customer dari seluruh penjuru dunia. Namun, jika budget pas-pas an anda bisa memulai untuk membuat blog jualan anda sendiri kok secara GRATIS! Anda bisa menggunakan fasilitas BLOGSPOT ataupun WORDPRESS.

Saya pun dulu memulai blog jualan saya dengan menggunakan blogspot. Nggak tau caranya gimana? Belajar! Ada banyak sekali panduan di google dan youtube tentang cara membuat blog yang baik. As I told you before, “Niat” adalah modal terbesar yang harus anda punya supaya bisnis kuliner yang anda jalani berjalan sukses yah!

Selain memiliki Facebook dan Website, yang sedang kekinian sekarang adalah Instagram. Untuk bisa eksis berjualan di Instagram, stok foto yang banyak memang sepertinya hal yang mutlak anda miliki. Pelajari dengan baik cara penggunaan hastag sesuai produk yang anda jual.

Beriklan di beberapa market place seperti Kaskus, Tokopedia, Buka Lapak, dan yang sejenisnya bisa meningkatkan peluang jualan anda. Sempatkan waktu untuk membuat account di beberapa social media tersebut dan pastikan anda cantumkan dengan jelas deskripsi & contact yang bisa dihubungi.

Memiliki banyak social media kadang memang bisa membuat anda bingung. Apakah harus aktif di semua sosmed yang ada? Well, yang terpenting adalah sebar sebanyak-banyaknya umpan dulu. Nanti seiring berjalannya waktu, anda akan tahu social media mana yang lebih menghasilkan. Nah, anda bisa lebih fokus di situ saja nantinya šŸ™‚

kuliner online social media

 

6. Perhatikan Pengiriman Barang Yang Aman Untuk Konsumen

Kenali produk anda dengan baik. Jika jenis makanan yang anda jual sangat rentan terhadap goncangan, pastikan packaging yang anda gunakan sangat baik dan aman untuk sampai ke customer. Gunakan pelindung ekstra seperti buble wrap, styrofoam box, atau pelindung lainnya agar produk anda tidak rusak saat sampai di tangan konsumen. Jika produk yang anda jual makanan basah / cake yang harus sampai hari itu juga ke konsumen, pilihlah jasa kurir yang terpercaya. Jika menggunakanĀ  kurir ber sepeda motor, pastika dia memakai box khusus sehingga makanan tidak tumpah kesana kemari yang bisa membuat konsumen kecewa nantinya. Namun jika produk anda tidak membutuhkan penanganan khusus, memakai jasa GOJEK pun tentu bisa jadi alternatif pilihan jasa kurir.

 

jasa kurir online

 

7. Teruslah Berinovasi

Utak atik lagi resep lama anda siapa tahu bisa menghasilkan kreasi menu baru yang bisa jadi alternatif jualan baru. Pastikan anda sudah trial and eror selama beberapa kali sehingga rasanya tidak mengecewakan konsumen. Terkadang, konsumen butuh alternatif menu selain menu best seller yang anda jual selama ini. Selain fokus pada menu, anda juga perlu ber inovasi pada strategi marketing yang anda gunakan selama ini. Buatlah promosi menarik yang bisa menggaet konsumen baru dan lama untuk kembali ingat pada produk anda. Bekerja sama dengan brand lain juga cukup membantu untuk memperluas network marketing anda.

Gimana, udah siap memulai bisnis kuliner online anda? Jangan hanya direncanakan saja ya, ayo segera ambil aksi & eksekusi! Jangan takut untuk mencoba. Dengan mencoba, setidaknya anda satu langkah lebih baik daripada banyak orang di luar sana yang hanya menjalankan bisnis di angan-angan saja ^_^

Have your say

4 + 7 =